Hotline : (0341) 477-333

Dolar AS Stabil, Peringatan ‘Baru’ IMF Dukung Permintaan Safe-Haven

Dolar AS stabil pada hari Selasa di sesi Asia setelah Dana Moneter Internasional (IMF) memotong perkiraan pertumbuhan ekonomi global 2019 dan 2020 semalam.

IMF sekarang memproyeksikan tingkat pertumbuhan 3,5% di seluruh dunia untuk 2019 dan 3,6% untuk 2020. Ini adalah 0,2 dan 0,1% poin di bawah perkiraan terakhir pada bulan Oktober.

Mengutip perselisihan perdagangan China-AS, pengetatan kondisi keuangan yang diperbarui, Brexit “tanpa kesepakatan” dan perlambatan yang lebih dalam yang diantisipasi di Tiongkok sebagai alasan penurunan peringkat.

Berita itu datang hanya beberapa jam setelah China melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartalan paling lambat sejak krisis keuangan pada hari Senin.

ekonomi China tumbuh 6,4% pada kuartal keempat tahun 2018 dari tahun sebelumnya, seperti yang diharapkan, data resmi dari Biro Statistik Nasional menunjukkan pada hari Senin. Pertumbuhan lebih lambat dari pertumbuhan 6,5% pada kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan setahun penuh untuk 2018 berada di 6,6%, juga sesuai dengan harapan.

Indeks dolar AS naik 0,1% pada 96,058 pada hari Selasa setelah berita itu diturunkan.

Pedagang juga sedang menunggu berita lebih lanjut tentang pengembangan perdagangan AS-China, ketika Wakil Perdana Menteri China Liu He dijadwalkan untuk mengunjungi AS pada tanggal 30-31 Januari untuk putaran baru perundingan perdagangan.

Yen Jepang, mata uang safe-haven lain, juga naik pada hari Selasa setelah pasangan USD/JPY kehilangan 0,2% menjadi 109,43.

Sementara itu, yuan Tiongkok naik 0,2% menjadi 6,8022 saat Bank Rakyat China menetapkan tingkat paritas yuan pada 6,7854 vs memperbaiki hari sebelumnya dari 6,7774.

Analisis di Morgan Stanley (NYSE:MS) mengatakan dalam laporan Reuters pekan lalu bahwa mereka telah berubah bullish pada yuan, karena mereka percaya Bank Rakyat China (PBOC) akan menahan diri untuk tidak campur tangan selama pembicaraan perdagangan.

Perusahaan juga akan menjual lebih banyak dolar untuk membeli yuan menjelang pembayaran Tahun Baru Imlek mendatang, para analis menambahkan.

Di tempat lain, pasangan AUD/USD dan pasangan NZD/USD masing-masing turun 0,3% dan 0,1%.

Sumber : https://id.investing.com/news/forex-news/dollar-as-stabil-imf-peringatkan-baru-dukungan-permintaan-safehaven-409671

Close Menu
%d bloggers like this: