Hotline : (0341) 477-333

Data Ritel Dongkrak Dolar Australia Mendaki, Dolar AS Melemah

dolar Australia mendaki pada hari Jumat di Asia setelah data menunjukkan penjualan ritel untuk bulan November meningkat dari yang diharapkan.

Penjualan naik 0,4% dari bulan ke bulan, naik 0,3% dari pertumbuhan di bulan Oktober dan di atas perkiraan analisis dengan kenaikan 0,3%.

Sementara itu, dolar AS tergelincir setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menegaskan bahwa bank sentral mampu bersabar pada kebijakan moneter.

Wakil Ketua Fed Richard Clarida menggemakan komentarnya pada hari Kamis.

“Kita bisa bersabar tentang menilai bagaimana menyesuaikan sikap kebijakan kita, katanya. Ini sebagian karena” kita memulai tahun yang dekat dengan tujuan yang ditugaskan seperti yang kita miliki dalam waktu yang sangat lama, “tambahnya.

Indeks dolar AS – yang melacak greenback terhadap mata uang lainnya yang terakhir diperdagangkan di 94.933 pada pukul 12.13 WIB – turun 0,2%.

“Pasar hampir memberi harga bahwa Fed tidak akan menaikkan suku bunga lebih lanjut. Untuk mendapatkan dolar yang lebih lemah, pasar seharusnya mengharapkan penurunan suku bunga … Saya tidak melihat itu terjadi,” ujar Sim Moh Siong, Penggiat mata uang di Bank of Singapore.

Pasangan USD/CNY turun 0,6% pada 6,7460 setelah People’s Bank of China (PBOC) menetapkan tingkat kurs setengah yuan di 6,7909 vs pada hari sebelumnya memperbaiki 6,8160.

Sengketa perdagangan China-AS menerima beberapa sorotan terus menerus setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Kamis bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He dapat mengunjungi Washington pada akhir Januari.

“Maksud saat ini adalah bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He kemungkinan besar akan datang dan mengunjungi kami di akhir bulan ini dan saya memperkirakan penutupan pemerintah tidak akan berdampak,” kata Mnuchin.

Beijing dan Washington menyimpulkan putaran pembicaraan perdagangan terakhir pada hari Rabu. Kementerian Perdagangan China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa diskusi dengan AS “luas dan terperinci,” dan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk terus menjaga hubungan dekat.

Di tempat lain, pasangan USD/JPY tergelincir 0,1% menjadi 108,29.

Sumber : https://id.investing.com/news/forex-news/dolar-australia-menghijau-seiring-penjualan-ritel-meningkat-dolar-as-tergerus-407840

Close Menu
%d bloggers like this: